Senin, 08 Oktober 2012

Be Wise










Pembacaan Alkitab : Kejadian 13 : 1 – 18


Amsal 24 : 5
‘Orang yang bijak lebih berwibawa dari pada orang kuat, juga orang yang berpengetahuan dari pada orang yang tegap kuat.’


Alkisah ada kera dan kancil berebut pohon pisang. Kancil yang menemukan terlebih dahulu, tapi si kera yang merampasnya. Kancil yang cerdik pun akhirnya melakukan penawaran untuk berbagi pohon pisang tersebut dengan si kera. Dia pun memberikan kesempatan untuk si kera lebih dulu memilih bagiannya. Dan kera yang tamak itu memilih memotong pohon jadi dua bagian dan mengambil bagian atas pohon yang banyak buahnya itu sebagai miliknya. Begitu dapat, langsung saja dilahap buah pisang itu dan mengejek si kancil. Tapi si kancil tenang saja dan pulang dengan kemenangan.

Beberapa waktu kemudian, satu kali si kera sedang kelaparan dan melihat si kancil sedang santai sambil makan pisang yang banyak. “ Eh, Cil… Darimana kamu dapat pisang sebanyak itu.???” Tanya si kera dengan penuh keheranan. Si kancil pun menjawab, “Dari pohon ku dong. Hasil pembagian kita yang dulu udah ku tanam dan kini buahnya banyak.!” Well, dari situ si kera pun sadar akan kesalahan dan ketamakannya. Dia memang mendapatkan bagian yang menarik dan enak, tapi itu Cuma sesaat saja. Si kera nggak berpikir panjang dalam menentukan sesuatu yang seharusnya dapat ia gunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Nahhh, Sobat Muda, mungkin juga kita terkadang bersikap sama seperti si kera tadi. Hanya karena keinginan sesaat, kita salah pilih padahal dampak buruknya lama. Mungkin kita kehilangan materi, sahabat, bahkan Orang Tua atau Tuhan.!! Selain ilustrasi si kera  dan kancil tadi, kisah Abraham dan Lot bisa jadi gambaran bagus tentang hal ini. Karena nggak mikir jangka panjang, kita hura-hura dan boros pake duit dan baru nyesel waktu duit udah habis. Karena nggak mikir jangka panjang, kita cuman cari pacar asal cakep, kaya, terkenal, padahal dia ternyata cowok atau cewek yang nggak bener. Karena nggak mikir jangka panjang, kita terlibat gaya hidup sex before married atau suka mabok. Baru setelah hamil, urusan ama polisi, badan rusak dan lain-lain, akhirnya kita nyesel. Karena nggak mikir jangka panjang, kita damprat sahabat atau saudara kita sendiri tanpa tau masalah yang sebenarnya.
Sobat, coba kita lebih bijak lagi dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah. Apa yang kita lakukan atau putuskan nggak cuman buat sekarang ajha, tapi juga sedikit banyak mempengaruhi masa depan kita. Jangan sampe nyesel deh cuman karena emosi dan kenikmatan sesaat saja, lalu kita kehilangan masa depan kita.
So, tentukan pilihan mu, karena pilihan dan tindakan mu menentukan masa sekarang dan yang akan datang.!!!
Amin.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar